Home » , » 7 Mitos Seputar Kehamilan dan Penjelasannya

7 Mitos Seputar Kehamilan dan Penjelasannya

Faktor latar belakang budaya bangsa Indonesia mau tidak mau membuat kita dekat dengan hal hal berbau mistis dan kepercayaan yang dibawa secara turun temurun yang seringkali hanya berbentuk sebuah mitos. Salah satu masa yang cukup erat dengan mitos adalah masa kehamilan, dan berikut diantaranya mitos seputar kehamilan yang bisa yukitabaca kumpulkan.

Mitos Kehamilan

Kehamilan Image

Berikut mitos di masa kehamilan yang banyak dipercayai beserta penjelasan lengkapnya.
  1. Jenis kelamin janin bisa dilihat dari bentuk perut calon ibu

  2. Ada kepercayaan bahwa bentuk perut ibu bisa menunjukkan jenis kelamin janin yang dia kandung, seperti bentuk perut yang terlihat membundar penuh maka janin nya adalah perempuan, sementara bentuk perut yang cenderung meruncing menandakan bayi laki laki, benarkah hal tersebut?

    Menurut dasar medis, bentuk perut ibu hamil tidak memiliki hubungan sama sekali dengan jenis kelamin janin di dalamnya, namun lebih dipengaruhi oleh faktor kekuatan otot perut calon ibu dan posisi janin yang berada di dalam rahim.
  3. Tidak boleh membunuh binatang saat hamil

  4. Tentunya jika berdasarkan pada agama, membunuh binatang tanpa alasan jelas tidak diperbolehkan baik selama hamil maupun di luar masa hamil, namun jika membunuh binatang dikaitkan dengan nasib janin, hal tersebut tentunya tidak ada sama sekali dasar medisnya.

    Membunuh binatang, yang dianggap dapat membahayakan calon ibu, boleh dilakukan dan tidak akan mempengaruhi janin di dalam kandungan.
  5. Ibu hamil harus dibekali dengan gunting dan pisau kecil

  6. Ini adalah salah satu mitos yang cenderung membahayakan, terutama disertai dengan kepercayaan untuk membawa gunting dan pisau tersebut dengan direkatkan pada pakaian yang calon ibu kenakan.
  7. Jangan belanja persiapan bayi sebelum lahiran

  8. Dulu mungkin mitos ini boleh dipercaya dengan alasan khawatir jika peralatan bayi yang dibeli tidak cocok dengan jenis kelamin bayi yang dilahirkan. Namun kemajuan tekhnologi, seperti USG contohnya, sudah bisa memprediksi jenis kelamin bayi saat masih berada di dalam kandungan.

    Baca juga, kapan sebaiknya ibu hamil melakukan USG
  9. Wajah bayi akan menyerupai wajah orang yang kita benci

  10. Wajah bayi ditentukan oleh faktor genetis yang diturunkan dari kedua orangtuanya, dan sangat tidak mungkin dipengaruhi oleh orang diluar garis genetis tersebut.

    Namun tentunya tetap tidak diperbolehkan membenci orang lain saat anda hamil.
  11. Tidak boleh makan dengan sendok besar saat hamil

  12. Banyak ibu percaya jika makan dengan sendok besar saat hamil akan membuat bayi lahir dengan mulut besar.

    Sekali lagi kita kembali pada penjelasan di atas, bahwa faktor genetis lah yang mempengaruhi bentuk tubuh bayi, bukan kebiasaan yang dilakukan oleh calon ibu pada masa hamil.
  13. Menjelang persalinan, biasakan minum minyak kelapa satu sendok makan setiap hari

  14. Banyak calon ibu percaya bahwa meminum satu sendok minyak kelapa setiap hari menjelang persalinan akan memudahkan proses persalinan bayi.

    Padahal, apa yang kita makan dan kita minum akan masuk ke saluran pencernaan dan tidak ke rahim atau saluran kelahiran bayi, jadi tidak akan mempengaruhi proses persalinan sama sekali.

    Baca juga, tips mempersiapkan persalinan dan kelahiran bayi

Larangan di masa kehamilan

Selain mitos mitos di atas, masih banyak lagi mitos lainnya seperti contohnya dilarang mengunjungi makam pada saat hamil dan lain sebagainya.

Tanpa bermaksud melebihi kekuasaan Tuhan, yukitabaca hanya ingin mengajak anda semua untuk lebih percaya pada pandangan medis saat menyikapi mitos mitos seputar masa kehamilan yang tentunya lebih mungkin untuk dijelaskan, semoga bermanfaat.

Silahkan pergunakan fasilitas komentar di bawah ini sebagai media diskusi mengenai topik 7 Mitos Seputar Kehamilan dan Penjelasannya di atas. Atau anda dapat juga ikut membantu dengan memberikan solusi bagi pertanyaan pengunjung lain yang mungkin anda tau solusinya,