Home » , » Tips Memasang Behel Atau Kawat Gigi

Tips Memasang Behel Atau Kawat Gigi

Kawat gigi adalah alat yang digunakan baik untuk tujuan estetis maupun medis yang mempunyai cara kerja menarik atau mendorong gigi agar posisi gigi lebih rapat dan rata. Untuk anda yang berencana memasang kawat gigi atau populer dinamai dengan behel, berikut tips memakai behel agar hasil akhir yang anda dapatkan sesuai dengan tujuan anda memasang kawat gigi dan tidak menyebabkan kerusakan pada gigi

Tips Memakai Behel

Tips Memakai Behel
Ada efek samping dari pemakaian behel yang sebaiknya anda waspadai, yaitu efek dari tarikan pada gigi yang membuat posisi akar gigi menjadi tidak teratur dan rentan menyebabkan gigi goyang dan pada akhirnya menyebabkan gigi mudah tanggal.

Efek buruk tersebut biasanya terjadi dikarenakan pemakaian behel yang terlalu lama atau pemasangan behel bukan oleh ahli medis atau pemasangan kawat gigi secara sembarangan.

Namun bukan berarti jika pemasangan behel oleh ahli medis atau orthodontic akan menghindarkan anda dari efek samping pemakaian kawat gigi, karena saat pemasangan behel pertama kali, sangat dimungkinkan anda akan mengalami sariawan, rasa sakit tertarik pada gigi, bahkan hingga sakit kepala.

Jika anda mengalami sakit pada gigi dan gusi atau sakit kepala beberapa hari setelah pemasangan behel, sangat disarankan bagi anda untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter yang membantu anda memasang kawat gigi.

Selain efek langsung di atas, pemasangan kawat gigi juga bisa menyebabkan pembersihan gigi kurang sempuna yang pada akhirnya dapat menyebabkan karies atau karang gigi dan atau bau mulut yang disebabkan sisa makanan yang tertinggal di sela gigi dan kawat gigi.

Untuk menghindarinya, selalu rutin bersihkan mulut dan gigi dengan menyikat gigi menggunakan sikat gigi berbulu lembut terutama setelah anda selesai makan.

Selain menyikat gigi, bersihkan juga sela gigi dengan menggunakan dental floss serta berkumurlah dengan menggunakan mouthwash untuk mencegah gigi berlubang.

Hindari juga minuman bersoda dan makanan yang kenyal atau lengket jika anda menggunakan kawat gigi, serta lakukan chek up rutin setiap 6 bulan setelah anda memasang kawat gigi.

Silahkan pergunakan fasilitas komentar di bawah ini sebagai media diskusi mengenai topik Tips Memasang Behel Atau Kawat Gigi di atas. Atau anda dapat juga ikut membantu dengan memberikan solusi bagi pertanyaan pengunjung lain yang mungkin anda tau solusinya,