Home » » Stress Ternyata Dapat Memicu Kematian

Stress Ternyata Dapat Memicu Kematian

Tekanan di pekerjaan, masalah di rumah, maupun dari lingkungan sekitar bisa menjadi faktor pemicu stress, dan stress ternyata dapat menjadi faktor penyebab gangguan kesehatan, bahkan kematian. Apa dan bagaimana stress terjadi? dan apa saja efek buruk yang mungkin ditimbulkan oleh stress?

Stress


Stress
Stress merupakan tekanan psikis yang biasanya ditimbulkan karena kecemasan, ketakutan, dan tuntutan yang dirasa melebihi batas kemampuan seseorang.

Banyak faktor yang bisa memicu stress, sementara kemampuan setiap individu utnuk menghadapi faktor pemicu stress berbeda beda, sehingga stress sangat mungkin menyebabkan efek buruk bagi sebagian orang namun tidak untuk sebagian lainnya. Banyak ahli percaya perbedaan tersebut berdasar pada sifat dan kepribadian seseorang.

Apa saja efek buruk yang mungkin timbul karena stress?

Dampak buruk stress

Para ahli percaya bahwa tingkat stress mempengaruhi kesehatan tubuh secara tidak langsung. Dari sisi emosional, penderita stress seringkali menjadi mudah jengkel dan marah, kehilangan nafsu makan, kehilangan semangat dan rasa gelisah berlebih.

Stress juga dipercaya memicu jerawat,  hipertensi, sakit kepala, bahkan serangan jantung, dan kematian.

Tips mengatasi stress

Sesuai dengan penyebab dan tingkatannya, kebutuhan seseorang untuk mengatasi stress juga berbeda-beda.

Pada kondisi yang berat, sangat dianjurkan bagi anda yang mengalami stress untuk lebih sering berbicara dan berkonsultasi baik dengan ahli maupun orang terdekat di sekitar anda, seperti anggota keluarga lain. Serta sangat dianjurkan untuk mengunjungi psikiater untuk menghindari efek buruk yang mungkin ditimbulkan karena stress dan tidak anda harapkan.

Silahkan pergunakan fasilitas komentar di bawah ini sebagai media diskusi mengenai topik Stress Ternyata Dapat Memicu Kematian di atas. Atau anda dapat juga ikut membantu dengan memberikan solusi bagi pertanyaan pengunjung lain yang mungkin anda tau solusinya,