Home » » Sering Berkeringat Saat Hamil, Bahayakah?

Sering Berkeringat Saat Hamil, Bahayakah?

Banyak sekali perubahan kondisi yang dialami oleh ibu hamil yang seringkali menimbulkan kecemasan, salah satu diantaranya adalah keluarnya keringat berlebih di masa kehamilan. Apa sebenarnya penyebab sering berkeringat saat hamil?

Sering berkeringat di masa kehamilan

Meskipun tidak melakukan aktifitas berat maupun berada di ruangan yang panas, beberapa ibu hamil mengeluh mengalami peningkatan produksi keringat berlebih di masa kehamilan yang seringkali menimbulkan perasaan kurang nyaman, gerah, dan tentu saja menyebabkan ibu hamil tersebut lebih sering mengganti pakaian.

Para peneliti percaya, bahwa kondisi tersebut dipengaruhi oleh kadar hormon progesteron di dalam tubuh saat anda hamil. Peningkatan hormon progesteron memberikan efek thermogenik yang menghasilkan panas dan memicu keluarnya keringat.

Hormon progesteron sendiri memiliki manfaat untuk melekatkan janin ke dinding rahim, hingga yang harus diwaspadai adalah kekurangan hormon progesteron saat hamil yang dapat menyebabkan keguguran.
Kekurangan hormon progesteron biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada punggung bagian bawah, dan atau keluarnya flek atau spotting.

Keluar keringat saat hamil

Kembali pada pembahasan sering berkeringat saat hamil. Perubahan kondisi tersebut tidak perlu anda waspadai karena terjadi secara normal.

Untuk mengatasinya, disarankan menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman serta menghindari mengkonsumsi makanan pedas.

Disarankan juga untuk memenuhi kecukupan cairan yang mungkin terbuang bersama keringat dengan memperbanyak minum air putih, terutama jika gejala disertai dengan rasa mual di pagi hari atau morning sickness.

Silahkan pergunakan fasilitas komentar di bawah ini sebagai media diskusi mengenai topik Sering Berkeringat Saat Hamil, Bahayakah? di atas. Atau anda dapat juga ikut membantu dengan memberikan solusi bagi pertanyaan pengunjung lain yang mungkin anda tau solusinya,