Home » , » 6 Gejala dan Penyebab Rambut Rontok

6 Gejala dan Penyebab Rambut Rontok

Masalah kerontokan rambut dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah pola makan anda sehari hari, kekurangan mineral yang dibutuhkan oleh rambut, obat-obatan, stress, polusi, maupun faktor genetika. Hampir 30% orang di dunia mengalami masalah kerontokan rambut, dan hampir 70% diantaranya adalah perempuan.

Penyebab rambut rontok

Berikut adalah 6 jenis masalah dan penyebab masalah kerontokan pada rambut  (alopecia).

Penyebab Rambut Rontok

Androgenic alopecia

Adalah bentuk paling umum dari kerontokan rambut yang disebabkan oleh hormon dan faktor genetika. Statistik menunjukkan bahwa jenis kerontokan rambut ini dialami 30% pria di usia 30 tahun.

Gejalanya ditandai dengan volume rambut yang menipis awalnya pada daerah depan kepala dan bergerak menuruni sisi kepala, kerontokan jenis ini juga cenderung dialami oleh kebanyakan wanita setelah masa menopause.

Toxic alopecia

Jenis kerontokan rambut ini terjadi setelah seseorang mengalami stress fisik atau emosional.

Selain faktor stress, infeksi kulit kepala, penurunan berat badan secara tiba-tiba, operasi, obat-obatan, penyakit seperti lupus, diabetes, dan penyakit tiroid, pengobatan kemoterapi, obat penyakit jantung, terapi radiasi, dan kehamilan atau persalinan juga dapat menjadi faktor penyebab toxic alopecia.

Alopecia areata

Alopecia areata sebenarnya adalah sebuah kelainan kulit yang menyebabkan rambut di daerah kulit yang terkena mengalami kerontokan. Biasanya terjadi pada kulit kepala atau jenggot dan diduga disebabkan oleh autoimun.

Jenis kerontokan rambut ini paling umum terjadi pada mereka yang masih berusia muda, dan terjadi hanya sementara, artinya rambut yang rontok akan tumbuh kembali.

Alopecia universalis atau totalis

Kerontokan jenis ini menyerang seluruh rambut di tubuh, termasuk alis dan bulu mata. Biasanya terjadi karena masalah psikologis dan rambut akan sulit untuk tumbuh kembali.

Trikotilomania

Ini adalah kasus rambut rontok karena sering tertarik atau rambut patah, kerontokan jenis ini dapat dengan mudah ditanggulangi dengan pengobatan yang tepat.

Scarring alopecia

Adalah masalah rambut rontok yang terjadi di lokasi bekas luka atau daerah yang rusak seperti luka bakar atau kanker kulit.

Mengatasi rambut rontok

Setelah anda mengetahui jenis dan penyebab rambut rontok yang anda alami, silahkan anda baca juga, 3 cara mengatasi rambut rontok.

Silahkan pergunakan fasilitas komentar di bawah ini sebagai media diskusi mengenai topik 6 Gejala dan Penyebab Rambut Rontok di atas. Atau anda dapat juga ikut membantu dengan memberikan solusi bagi pertanyaan pengunjung lain yang mungkin anda tau solusinya,