Home » , » 7 Cara Mengatasi Mual di Awal Kehamilan

7 Cara Mengatasi Mual di Awal Kehamilan

Mual di awal kehamilan atau dikenal dengan morning sickness, karena biasanya terjadi pada pagi hari, merupakan sebuah masalah yang terjadi secara umum pada ibu hamil dengan masa gangguan dan tingkat "mual" yang berbeda. Dan untuk anda yang terganggu dengan morning sickness, berikut 7 cara mengatasi mual di awal kehamilan.

Mengatasi morning sickness di awal kehamilan


Mengatasi Rasa Mual di Awal Kehamilan
Para ahli percaya, rasa mual yang dirasakan oleh wanita hamil terutama pada masa hamil muda tersebut merupakan efek dari peningkatan hormon estrogen di dalam tubuh yang kemudian memicu peningkatan produksi asam lambung.

Pendapat lain mengatakan bahwa kemungkinan morning sickness juga dipicu oleh peningkatan serum human chorionic gonadotopin yang secara otomatis diproduksi oleh tubuh sejak awal kehamilan hingga minggu ke 12 masa kehamilan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa mual di awal kehamilan yang terasa sangat menggangu ?

Mengatasi mual di awal hamil

Berikut beberapa tips yang dapat anda coba untuk mengatasi dan menghindari rasa mual di awal kehamilan.
  1. Awali hari dengan segelas air putih
  2. Pada pagi hari saat anda bangun tidur, sebaiknya tidak bergegas untuk meninggalkan tempat tidur. Duduk dan bersantai lah sejenak dan sangat disarankan untuk meminum segelas air putih segera setelah anda bangun tidur.

  3. Penuhi kebutuhan karbohidrat
  4. Banyak wanita hamil yang kehilangan selera pada nasi di awal kehamilan, untuk mengatasinya, anda dapat beralih mengkonsumsi roti, kue gandum, dan cemilan kaya karbohidrat lainnya, jangan biarkan perut anda kosong terutama di masa hamil.

  5. Menghindari makanan dan sumber bau menyengat
  6. Mual saat hamil biasanya juga dipicu dari aroma kurang sedap yang ibu cium, sebisa mungkin hindari aroma yang mungkin memicu rasa mual.

  7. Waspada peningkatan asam lambung
  8. Jika anda berfikir bahwa rujak dan buah masam dapat mengurangi rasa mual, pastikan bahwa perut anda tidak kosong saat mengkonsumsi makanan tersebut, buah masam dan rujak memperparah rasa mual karena dapat memicu peningkatan produksi asam lambung jika dikonsumsi pada saat perut kosong.

  9. Membuat seduhan jahe
  10. Seduh parutan jahe atau jahe yang sudah sedikit ditumbuk dengan air panas, air seduhan jahe tersebut efektif mengurangi rasa mual. Anda dapat menambahkan madu atau gula jawa kedalam air rebusan jahe tersebut.

  11. Membuat seduhan daun jeruk
  12. Selain jahe, daun jeruk juga dapat mengurangi mual pada masa awal kehamilan, minum seduhan daun jeruk, tambahkan madu atau gula jawa untuk menambahkan rasa manis.

  13. Berkonsultasi dengan dokter anda
  14. Jika morning sickness terasa sangat menggangu, baiknya konsultasikan dengan dokter anda. Biasanya dokter akan memberikan vitamin dengan tujuan bukan untuk mengurangi rasa mual namun menggantikan vitamin yang terbuang akibat muntah dan atau memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan ibu hamil yang sangat mungkin kurang karena berkurangnya selera makan.
Selamat mencoba 7 tips cara mengatasi mual di awal kehamilan di atas.

Silahkan pergunakan fasilitas komentar di bawah ini sebagai media diskusi mengenai topik 7 Cara Mengatasi Mual di Awal Kehamilan di atas. Atau anda dapat juga ikut membantu dengan memberikan solusi bagi pertanyaan pengunjung lain yang mungkin anda tau solusinya,