Home » , , » Keputihan Tidak Normal Saat Hamil

Keputihan Tidak Normal Saat Hamil

Keputihan atau leucorrhea tidak normal dapat terjadi diluar masa hamil maupun pada perempuan hamil, untuk mewaspadai resiko yang mungkin ditimbulkan, berikut tanda tanda keputihan tidak normal pada masa hamil yang harus anda waspadai.

Keputihan tidak normal


Keputihan Tidak Normal Saat Hamil
Keputihan abnormal umumnya ditimbulkan oleh inveksi di sekitar area leher rahim atau di area miss V. Ditandai dengan perubahan warna lendir menjadi kekuning-kuningan, gejala seperti ini umumnya disebabkan pertumbuhan jamur yang tidak normal di area kewanitaan.

Pada beberapa perempuan, sangat umum mengalami produksi lendir berlebih pada masa kehamilan yang kadang disertai dengan bercak, ini terjadi karena pengaruh hormon estrogen yang meningkat.

Namun yang harus diwaspadai adalah saat terjadi perubahan aroma (bau) dan timbulnya rasa gatal atau sensasi terbakar di area miss v yang mengiringi perubahan warna lendir keputihan.

Berdasar pada penyebabnya, keputihan di masa hamil dapat dibagi menjadi tiga, yaitu

Kandidosis Vulvovaginal

Keputihan ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur abnormal di area kewanitaan, atau dapat juga disebabkan oleh microorganisme Candida albicans. Kondisi ini mengancam ibu hamil dengan resiko kelahiran premature dan atau kelahiran dengan bobot bayi rendah, dan biasanya muncul akibat penggunaan obat antibiotika berlebih selama masa kehamilan atau dikarenakan kebiasaan kurang sehat seperti kurang membersihkan area intim maupun penggunaan celana dalam yang kurang menyerap keringat.

Keputihan ini ditandai dengan aroma yang tajam, rasa gatal, sakit saat buang air kecil dan berhubungan

Vaginosis Bakterialis

Keputihan jenis ini dialami oleh sekitar 25% perempuan selama masa hamil, memiliki efek bahaya yang sama dengan Kandidosis vulvovaginal, namun biasanya baru disadari dengan terasa gatal pada kondisi yang sudah parah.

Trikomoniasis

Keputihan abnormal satu ini disebabkan oleh Trichomonas Vaginalis, yaitu satu jenis protozoa yang mendiami saluran kemih dan menginfeksi melalui hubungan seksual yang tidak sehat.

Ditandai dengan rasa gatal dan panas di area kewanitaan, pendarahan setelah berhubungan, dan cairan keputihan yang berbuih, berwarna hijau kekuningan dan beraroma sangat tajam.

Waspadai keputihan abnormal

Perilaku bersih dan sehat dapat menghindarkan anda dari resiko keputihan tidak normal di masa hamil, diantaranya adalah selalu bersihkan dan keringkan area genital setelah mandi dan buang air dengan arah pembersihan dari depan ke belakang, hindari produk pembersih dengan pewangi untuk mencuci area kewanitaan, hindari terlalu sering menggunakan pantyliner, dan gunakan hanya celana dalam berbahan katun atau yang mampu menyerap cairan secara sempurna. Dan berkonsultasilah dengan dokter anda jika anda mencurigai gejala keputihan yang tidak normal pada masa kehamilan.

Silahkan pergunakan fasilitas komentar di bawah ini sebagai media diskusi mengenai topik Keputihan Tidak Normal Saat Hamil di atas. Atau anda dapat juga ikut membantu dengan memberikan solusi bagi pertanyaan pengunjung lain yang mungkin anda tau solusinya,