Home » » Inilah Kenapa Anda Sering Berkeringat Saat Hamil

Inilah Kenapa Anda Sering Berkeringat Saat Hamil

Salah satu perubahan yang terjadi pada tubuh di masa kehamilan adalah perasaan sering gerah, dan keringat yang keluar bahkan hingga dapat dikatakan berlebihan. Mengapa ibu hamil lebih sering berkeringat? berikut faktanya.

Berkeringat Saat Hamil

Berkeringat Saat Hamil Image

Banyak ibu hamil, terutama pada kehamilan pertama, mengeluh karena sering merasa kepanasan dan berkeringat terutama di malam hari hingga mengganggu waktu istirahatnya.

Sebenarnya, hal itu adalah perubahan yang normal dan dialami oleh setiap perempuan hamil.

Pengeluaran keringat adalah sebuah respon tubuh saat tubuh merasa lebih hangat dari biasanya dan bertujuan untuk mendinginkan atau mengembalikan suhu tubuh, dan proses berkeringat saat hamil hingga saat ini dinyatakan normal dan tidak berbahaya oleh para ahli.

Penyebab Keringat Berlebih Saat Hamil

Beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh menjadi penyebab berlebihnya produksi keringat, diantaranya adalah

  1. Peningkatan hormon progesteron yang memicu terbukanya pembuluh darah kulit
  2. Meningkatnya aliran darah di area kulit, dan
  3. Pertumbuhan janin yang menyebabkan rasa lelah pada ibu hamil saat beraktifitas.

3 penyebab di atas menyebabkan ibu hamil merasa gerah dan terjadilah reaksi alami tubuh yaitu pengeluaran keringat.

Jadi, tak perlu khawatir jika saat ini anda merasa lebih sering berkeringat dibanding masa sebelum hamil. Namun jika keringat dirasa menggangu, anda disarankan untuk memakai pakaian longgar dan menyerap keringat dengan baik terutama di malam hari, dan pastikan sirkulasi udara di ruangan yang ibu tempati berlangsung dengan baik.

Sangat disarankan juga untuk memperbanyak asupan cairan serta buah-buahan kaya vitamin dan mineral untuk mengganti cairan dan zat-zat penting yang ikut keluar dari dalam tubuh bersama keringat.


Silahkan pergunakan fasilitas komentar di bawah ini sebagai media diskusi mengenai topik Inilah Kenapa Anda Sering Berkeringat Saat Hamil di atas. Atau anda dapat juga ikut membantu dengan memberikan solusi bagi pertanyaan pengunjung lain yang mungkin anda tau solusinya,